Tuesday, July 12, 2005

Meninggal itu apa sih ma..?

Sebelum tidur seperti biasa, Abang dan Sheva minta diceritain dulu sama Mama, topiknya bisa cerita waktu mereka masih bayi, cerita mama dikantor, dongeng atau baca majalah bareng2. Topik yang mereka suka cerita waktu mereka bayi....Namun kemarin Sabtu, Sheva sudah tidur lebih dulu dan tiba2 aja Abang tanya....
"Mama, kenapa orang bisa meninggal...?" dengan mimik yang serius tapi polos. Hwaaa....apa nih jawaban yang sekiranya dia ngerti...Waduh belom buat kebetan dia udah keburu nanya.
"Karena orang itu udah tidak bisa napas lagi, manusia hidup butuh udara namanya oksigen. Kalo udara gak ada, kita gak bisa napas trus kita bisa mati. Makanya Abang kalo lagi maen sama Dede jangan suka tutup muka dan hidung Dede, nanti bisa gak napas trus meninggal deh..."mudahan-mudahan tuh anak ngerti dengan penjelasan gue. Abang ngangguk2 sambil ngeliatin muka gue....tapi kayaknya bakal berlanjut nih, karena gue liat dia berpikir.....*mama, be a wise mother,please....* (kadang2 kan gue suka2 kalo ngejelasin sesuatu...hihih)
"Trus Ma, kalo kita meninggal kita kan dikubur. Kalo semua orang meninggal yang kubur siapa?"
Kalo semua orang meninggal, Allah akan bangunin kita semua, trus kita ditanya sama dia. Contohnya, Fatih, apa saja yang Fatih lakukan di Bumi (maksudnya dunia-pake istilah Fatih), mulut Fatih gak mau ngomong takut dimarahin Allah tapi tangannya ngomong sendiri. Tangan suka pukul2 mama, suka coret2 tembok. Mulut apa yang kamu lakukan? Suka marah2 sama Mama. Begitu Allah tahu, trus kita dapat hukuman, hukumannya...ehm.....(mikir dulu abis takut dianya salah ngerti)...hukumannya 500 juta cacing (maksudnya banyak-pake istilah Fatih lagi) ditaruh di tangan trus tangannya dimakan pelan2 sama cacing, berdarah2 trus akhirnya tangannya ilang....."
"Ikh serem banget Ma.....trus gimana biar Allah gak marah?"
"Abang gak boleh marah2, pukul2 orang, kalo jalan2 gak minta gendong trus nurut sama Mama, makan yang banyak apalagi makan nasi."
"Kalo Abang minta Maaf, Allah maafin gak?
"Tentu saja, Allah akan maafin, sekarang kita baca majalah lagi ya....*maksudnya biar berubah topik...*
"Ma...setelah meninggal, kita ke surga ya Ma, disurga ada apa?Ada Power Ranger gak?Sponge Bob?Dino?Trus ada TV gak?
"Semuanya ada, malah lebih bagus. TVnya gede banget, trus maenannya banyak banget. Kalo disini Abang ke Mal liat maenan bagus, trus Abang minta mama tapi mama gak kasih karena mahal, kalo disurga Abang tinggal ambil aja gak bayar. Semuanya"
"Kalo ke Surga gimana caranya Ma?
"Allah timbang dulu, baiknya Abang berapa, trus jeleknya Abang berapa, trus kalo baiknya lebih banyak, Abang boleh ke surga kalo gak Abang ke neraka"
"Kalo sekarang baiknya Abang udah berapa, Ma?"
"Fatih kan anak baik, Makanya kita semua harus baek sama orang, biar kita masuk surga"
"Fatih minta maaf dong Ma, kalo Fatih minta maaf Fatih boleh masuk surga?....."dia ngomong tulus banget sambil salamin tangan mama....dia inget dia sering marah2 sama Mama...*terharu deh gue, dia mulai besar sekarang...*
Sambil peluk Fatih.."Abang sekarang kita jangan marah2, kalo mama marah2 Abang ingetin Mama, sebaliknya juga kalo Abang marah2 nanti mama ingetin. jadi sekarang kita harus jadi orang yang baik..Maafin mama juga ya...mama sering marah sama Abang"....mama salam tangan dia dan dia tersenyum...senyum khas Fatih...
Dan pertanyaan ini ditanya berulang-ulang sampai besoknya juga tetep nanya walaupun jawabannya udah tahu. Tapi perubahan yang terjadi di Fatih, sungguh luar biasa. kalo biasanya minta susu teriak2 sekarang ngomongnya halus,...."Mama, Fatih boleh minta susu?" dan kalo dia kelepasan marah2 dia langsung minta maaf. Dia juga ceritain hal ini ke Sheva, walaupun Sheva cuek aja tapi at least dia udah kasih tau adiknya kalo itu gak boleh, berdosa.