Monday, May 09, 2005

Fatih mulai belajar makan nasi

Di umur abang Fatih yang sudah lebih dari 5 tahun tapi dia masih belum mau makan yang namanya N A S I. Padahal makanan pokok orang Indonesie ya apalagi kalo bukan nasi, tapi si abang ini susah banget makan nasi.

Dulu..karena ada masalah dengan jantungnya, yang kalo dikalangan dokter ngetop dengan istilah ASD (bocor 1 cm) dia dikasih dispensasi makan nasi blender. Kebiasaan ini berlangsung sampai umur 4 tahun. Dulu kalau makan nasi blender dia bisa makan 1 mangkok penuh dan sehari 3 kali dan yang nyuapin dia si Mbak Atik. Tapi karena sesuatu hal dan mungkin juga dia bosan akhirnya sejak umur 4 tahun sampai sekarang dia tidak mau lagi makan nasi blender tapi dengan catatan makan makanan pengganti. Tapi namanya juga anak kecil, maunya ya cuma susu, dalam sehari dia bisa minum susu 225 ml sebanyak hampir 8 botol, dan mungkin ini yang menyebabkan dia kenyang susu.

Setiap hari cuma doa buat dia semoga mau makan nasi tanpa dipaksa. Ditekankan disini tanpa paksaan yang artinya sih kita mau kalo makan nasi dari diri dia sendiri. Ternyata sampai sekarang dia masih belom ada niatan juga, yang dia makan cuma Koko Crunch atau Milo (hanya cereal dengan merk itu saja yang dia mau), roti sedikit, dan sekarang alhmadullilah sudah bisa makan hamburger (itu juga yang rotinya tidak ada wijen) dan fried chicken. Orang-orang sekitar banyak yang bilang aduh kasihan dong dia....asupan gizinya apa? Tapi gue yakin Allah pasti ngasih yang terbaik buat dia. Walaupun dia makan chetos dan teman2nya tapi gue yakin hal itu tidak membuat badan dia rusak, dan alhamdulillah dia sehat, lincah dan pinter. Tapi tetep aja gue pengen dia makan nasi dan kemarin gue tiba2 dapet ide, setiap hari gue akan jejelin dia nasi walaupun yang masuk cuma 1 butir, setiap hari dan mudah-mudahan dengan cara itu dia mau makan nasi sendiri.
Kemarin pas lagi libur, percobaan yang pertama sudah dilakukan hasilnya dia teriak2 dan minta pertolongan papanya, tapi karena kita sudah CSan jadi tetep aja tidak ada yang belain. Abis dijejelin dia ngamuk teriak2 "Mama nakal...., mama nakal..."sambil ngelemparin sepatu dia, tapi gue tetep aja cuek....papanya ambil kendali, dia ajak anaknya maen PS(tumben banget maen PS kali ini papa mau ngalah maen sama Fatih, biasanya si Papa gak mau dikalahin anaknya dan anaknya gak mau maen sama Papanya - gengsi ya bang, kalah sama papa...:-) setelah dia cooling down akhirya abang ngedeketin mama, sambil ngelendet dia ngomong..."Mama nakal, Atih gak sayang sama Mama...." tapi dia meluk2 ....trus akhirnya gue jelasin ke dia, bukan mama jahat tapi mama sayang sama Abang dan Abang harus belajar makan nasi. kapan lagi kalo gak sekarang. nanti kalo udah makan nasi kan badannya besar jadi kalo ke Dufan abang udah boleh karena tingginya udah cukup. Kalo gak, nanti gak boleh ke Dufan lho....tapi tetep aja dia ngomong..."mama nakal..." besok2 kita coba lagi ya sayang, sehari sebutir sepuluh hari udah 10 butir kan alhamdulillah...Mudah2an cara ini berhasil...Amin...